Penerapan Cutting Plat Untuk Industri Kapal

Cutting Plat – Dengan perkembangan teknologi pembuatan kapal yang berkelanjutan, industri pembuatan kapal telah menjadi industri komprehensif yang sangat diperlukan dalam industri transportasi air dan pembangunan kelautan. Pembuatan kapal presisi dan cepat telah menjadi tren terutama di industri pembuatan kapal. Salah satu proses utama yang terlibat dalam industri kapal adalah pemotongan dan pengelasan. Banyak industri kapal besar yang membutuhkan cutting plat untuk pemotongan plat tebal, plat khusus dan dalam jumlah yang besar. Lembaran baja adalah bahan utama dalam pembuatan kapal.

Cutting plat dengan laser populer digunakan untuk pemotongan dengan cetakan besar yang kompleks karena menghemat waktu dan biaya produksi. Saat ini, metode pemotongan utama untuk lembaran baja adalah pemotongan api, pemotongan plasma, dan pemotongan laser. Dibandingkan dengan metode lainnya, cutting plat dengan laser memiliki banyak keunggulan bagi industri kapal, berikut ulasannya:

  1. Saat memotong plat menggunakan plasma, pemangkasan dilakukan secara manual sehingga kualitas pemrosesan tidak seragam. Sebaliknya, cutting plat dengan laser dapat membantu mengurangi beban kerja perakitan, waktu perakitan, material, dan biaya tenaga kerja.
  2. Lembaran baja yang dipotong oleh laser memiliki pemotongan berkualitas tinggi sesuai dengan pemotongan yang diinginkan serta permukaan pemotongan halus dan bersih. Dengan proses ini bahan tidak perlu pemrosesan sekunder jadi bisa langsung menuju pengelasan.
  3. Cutting plat baja memiliki kualitas potongan yang baik, permukaan pemotongan yang baik, lapisan oksida tipis, permukaan halus. Kualitas pemotongan tinggi dapat mengurangi biaya tenaga kerja.
  4. Cutting plat baja memiliki pemrosesan non-kontak, tidak ada kerusakan pada benda kerja dan produk potongan tidak memiliki deformasi ekstrusi, tidak perlu pemolesan sekunder dan menghilangkan prosedur pemrosesan yang tidak perlu.
  5. Cutting plat bisa langsung bekerja pada berbagai perangkat keras tanpa produksi cetakan yang dapat menghemat penggunaan cetakan dalam jumlah besar, menghemat biaya pemrosesan, mengurangi biaya produksi, terutama cocok untuk pemrosesan produk besar.
  6. Cutting plat memotong dengan cepat, memiliki kebisingan yang rendah, tidak berdebu, tidak menghasilkan bahan kimia yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan serta mengurangi polusi.

Baca Juga: Simak Bagaimana Cara Akrilik Itu Dibuat

Cutting plat baja yang biasa digunakan dalam industri kapal merupakan baja yang berbeda dengan jenis baja yang ada pada umumnya. Sebuah plat baja untuk industri kapal dibuat khusus dengan mencampurkan unsur selain baja sebagai unsur utama plat. Unsur kimia yang ada ada dalam campuran plat baja diantaranya karbon, fosfor dan sulfur. Plat baja untuk kapal mempunyai tingkat kekerasan atau kekuatan tarik lebih baik dari pada plat baja lainnya.

Di samping mempunyai kekuatan tarik yang bagus, plat baja untuk kapal mempunyai kadar karbon sebagai pelindung dari korosi air laut. Untuk itu, plat baja dalam industri kapal perlu dibuat khusus. Cutting plat memungkinkan proses pemotongan plat baja untuk industri kapal yang presisi dan bersih. Dengan banyak keunggulan yang dimiliki dari proses cutting plat membuatnya populer di banyak industri. Seperti industri manufaktur, konstruksi, arsitektur dan seni.

BanyuMili Ornamen merupakan penjual dan penyedia jasa pembuatan akrilik baik itu lembaran dan custom. Dan juga sebagai workshop akrilik untuk perusahaan maupun personal. Selain itu, BanyuMili Ornamen juga menyediakan jasa cutting plat mulai dari besi, stainless, dan galvanis. Kami juga menyediakan produk wallpaper dinding dan jasa pemasangannya untuk mempercantik dekorasi interior rumah maupun kantor anda. Percayakan pilihan akrilik, cutting plat, dan wallpaper dinding yang bagus berkualitas bersama BanyuMili Ornamen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here